KABAR PASAR: Ujian Pemulihan Ekspor, Dana Murah Dipacu

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perbaikan kinerja perdagangan Indonesia dan pendanaan bank, antara lain, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Senin (15/6/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Ujian Pemulihan Ekspor. Upaya pemulihan kinerja ekspor Indonesia pada tahun ini bakal berhadapan dengan sejumlah tantangan, mulai dari kebijakan restriksi, kompetisi perebutan pasar, hingga penurunan permintaan.

Leasing Bergerak Lagi. Pelaku industri multifinance akan kembali mengucurkan kredit pada bulan ini setelah sempat menghentikan sementara penyaluran pembiayaan baru pada April dan Mei sebagai dampak lanjutan dari penyebaran pandemi Covid-19.

Meniti Pemulihan Pasar Mobil. Setelah mengalami tekanan berat hingga membukukan koreksi penjualan hampir 96 persen pada Mei 2020, pabrikan mobil menata langkah untuk kembali bangkit secara bertahap mulai bulan ini. Adaptasi akan pola hidup new normal bakal dijadikan jembatan pemulihan di pasar domestik.

Daerah Fokus Kucurkan Stimulus. Pemerintah daerah akan lebih fokus memberikan stimulus ekonomi ketimbang bantuan sosial pada fase kenormalan baru dan upaya pemulihan ekonomi.

Lonjakan Penumpang Diantisipasi. PT Kereta Commuter Indonesia menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi lonjakan penumpang mulai 15 Juni 2020, terutama yang berasal dari kalangan pekerja di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Menakar Dosis Kebijakan Antipandemi. Pemerintah tengah menakar dosis kebijakan bagi industri berorientasi ekspor-impor dan pabrik barang kena cukai menyusul beratnya beban akibat pandemi Covid-19 yang tecermin dalam survei internal Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Konsumsi Gula Global Turun. Penutupan restoran, arena olahraga, dan bioskop di seluruh dunia berimbas pada permintaan gula yang turun untuk pertama kalinya dalam empat dekade.

Kapasitas Ruang Rawat Jadi Tantangan. Penerapan kelas standar bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan dinilai belum dapat dilakukan seiring dengan adanya risiko penumpukan peserta yang belum terakomodasi oleh kapasitas ruangan perawatan.

Dana Murah Dipacu. Kalangan perbankan berupaya untuk memacu sumber dana murah ketimbang meningkatkan penyerapan dana mahal dari deposito pada awal tahun ini.

Pudar Pesona Negeri China. Perubahan konstelasi politik dunia memudarkan posisi China sebagai tujuan investasi. Tak hanya AS, Pemerintah Jepang sampai dengan Eropa mendorong pengusaha mereka mengurangi ketergantungan rantai pasok ke Negeri Tirai Bambu itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eksporperdagangan

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).

Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.